Pengertian Ekonomi Politik Internasional

Pengertian ekonomi politik yaitu suatu cabang ilmu yang menggabungkan 2 ilmu yakni ilmu ekonomi dan politik. Kedua cabang ilmu tersebut akan dijadikan kajian objek dari suatu ekonomi politik yang di dasari oleh adanya hubungan internasional antar negara. Pengertian ekonomi politik internasional akan terjadi apabila ada kerjasama antar negara dalam hal internasional yang tidak memberatkan pihak lain.

pengertian ekonomi politik

Pengertian Ekonomi Politik Menurut Para Ahli

  1. Adam Smith

Menurut Adam Smith definisi dari ekonomi politik internasional adalah cabang ilmu pengetahuan dari para legislator yang memiliki dua tujuan yang berbeda. Tujuan yang pertama yaitu tentang menciptakan sumber pemasukan untuk masyarakat. Tujuan yang kedua adalah menyediakan segala kemampuan bagi negara atau pemerintah agar mampu menjalankan segala tugas dan fungsinya dengan baik. Pengertian ekonomi politik internasional ini lebih mengintensifkan pada sistem kerja pemerintahan yang didukung oleh fungsi sumber daya pendapatan yang dihasilkan oleh masyarakat maupun negara itu sendiri.

  1. Martin Staniland

Pengertian ekonomi politik internasional selanjutnya dikemukakan oleh Martin Staniland yang mengatakan bahwa suatu ekonomi politik menjelaskan tentang interaksi sistematis antara aspek ekonomi dan aspek politik. Hubungan interaksi ini bisa dinyatakan dengan berbagai cara, baik dalam hal hubungan kualitas antara proses satu dengan proses yang lainnya. Proses ini bersifat deterministik atau hubungan timbal balik yang berlangsung secara terus-menerus. Studi kasus ekonomi politik ini bisa dikatakan bahwa suatu ekonomi politik didasari oleh adanya interaksi dari proses ke proses yang mengalami timbal balik secara terus menerus sehingga proses tersebut berjalan dengan baik yang dilakukan antar negara.

  1. Mohtar Mas’oed

Pengertian ekonomi politik internasional menurut Dr. Mohtar Mas’oed yang didalam bukunya Ekonomi Politik Internasional (1989) mendefinisikan studi tentang hubungan antara ekonomi dan politik dalam cakupan internasional. Cakupan ini tentang persoalan ekonomi seperti inflasi, defisit neraca perdagangan atau pembayaran, penanaman modal asing, efisiensi produksi, dan lain sebagainya. Dalam cakupan ini berkaitan erat dengan urusan politik internasional dan politik domestik. Dalam bukunya ini Dr. Mohtar Mas’oed lebih memfokuskan perhatiannya tentang ekonomi politik internasional yang berkaitan dengan hubungan antara dinamika pasar dengan domestik keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pasar di tingkat internasional.

Sebagai contoh yaitu pada permasalahan ekonomi tentang minyak dunia ketika Amerika Serikat mengancam Iran jika tetap bersikukuh untuk melakukan pengayaan uranium di wilayah Iran. Walaupun Iran memberikan pendapat bahwa hal ini adalah untuk suatu perdamaian, akan tetapi AS tetap tidak percaya sehingga berakibat pada tindakan pengancaman pengeboman pada wilayah Iran seperti yang dilakukan Afghanistan dan juga Irak. Pengertian ekonomi politik internasional memiliki kaitan antara hubungan internasional yang memang salah satu pengaruh besar terjadinya suatu ekonomi politik internasional.