Pengertian Ekonomi Pertanian Menurut Para Ahli

Indonesia adalah daerah beriklim tropis, sehingga banyak jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat hidup dengan subur di daerah ini. Bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan untuk menghasilkan bahan pangan yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan perekonomian bangsa Indonesia. Ekonomi pertanian merupakan bagian dari ilmu ekonomi secara umum yang mempelajari persoalan-persoalan berkaitan dengan pertanian seperti pemanfaatan lahan pertanian hingga pendapatan petani. Ilmu yang membahas tentang ekonomi pertanian ini dimunculkan pada awal abad ke-20 tepatnya tahun 1890 yang mana pada saat itu telah terjadi depresi pertanian dengan tujuan untuk menghindari terjadinya depresi pertanian lagi di masa yang akan datang. Nah, untuk mengetahui seperti apa ekonomi pertanian, maka kita harus mempelajari terlebih dahulu tentang pengertian ekonomi pertanian menurut para ahli.

pengertian ekonomi pertanian

Pengertian Ekonomi Pertanian Secara Umum

Adapun beberapa pendapat para ahli terkait pengertian ekonomi pertanian diantaranya adalah pertama menurut Van Aarsten yaitu kegiatan manusia untuk mendapatkan hasil yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan dan untuk dapat dikatakan sebagai pertanian, harus tersedia tanah sebagai tempat kegiatan disertai adanya usaha manusia dalam memperoleh hasilnya. Kedua, menurut Y.W. Wartaya Winangun bahwa pertanian merupakan sesuatu yang substansial dalam pembangunan yang berupa pemenuhan kebutuhan pangan, penyediaan bahan mentah untuk industri, penyumbang devisa negara dan penyedia lapangan kerja. Ketiga, pendapat Sri Sulestri yaitu pertanian sebagai jenis usaha yang menekankan pada pengelolaan tanah dan tanaman pangan. Keempat, menurut Karwan A. Salikin yaitu bagian agroekosistem yang tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan alam, manusia, bahkan saling terikat dalam suatu produksi untuk kelangsungan hidup bersama.

Itulah beberapa pengertian ekonomi pertanian menurut para ahli yang wajib dipelajari sebelum mempelajari segala hal yang berhubungan dengan ekonomi pertanian. Ilmu ekonomi pertanian adalah ilmu yang berguna sebagai alat untuk menganalisa serta memahami segala persoalan dalam bidang pertanian dan pembangunan ekonomi bangsa Indonesia pada umumnya. Ilmu ekonomi pertanian juga memiliki hubungan yang erat dengan ilmu geografi, sosiologi, antropologi dan hukum. Sehingga menguasai teori tentang pengertian ekonomi secara umum serta pengertiannya menurut para ahli merupakan cara paling mudah untuk memahami ilmu ekonomi yang berkaitan dengan pertanian secara mendalam.

Dengan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan ekonomi pertanian, diharapkan dapat menuntun seseorang dalam menganalisis, menginterpretasikan dan menghubungkan persoalan-persoalan ekonomi makro. Ekonomi pertanian sebagai gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu pertanian, di dalamnya mencakup analisis hubungan sosial dalam produksi pertanian, hubungan antar produksi, dan analisis proses produksi.

Ekonomi pertanian merupakan ilmu yang memiliki peran penting dalam proses pembangunan serta sebagai pemacu pertumbuhan ekonomi suatu negara yang membutuhkan alat analisis dari ilmu statistika, matematika, logika dan ekonometrika. Dalam mempelajari pengertian ekonomi pertanian menurut para ahli di bidang ekonomi, maka dapat disimpulkan bahwa ilmu yang membicarakan tentang ekonomi pertanian adalah ilmu yang menjelaskan perilaku serta upaya manusia secara langsung maupun tidak langsung dengan produksi, pemasaran dan konsumsi hasil pertanian menyangkut prinsip-prinsip ekonomi dalam bidang pertanian.