Pengertian Ekonomi Pembangunan Menurut Para Ahli

Ekonomi pembangunan adalah suatu proses di mana suatu negara berusaha untuk menaikkan pendapatan negaranya dalam jangka panjang. Ekonomi pembangunan atau bisa juga disebut dengan pembangunan ekonomi memiliki banyak definisi atau pengertian yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi. Beberapa pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli yang terkenal adalah menurut Schumpeter. Menurut Schumpeter, ekonomi pembangunan adalah suatu perubahan pendapatan perkapita atau pendapatan nasional yang terjadi secara spontan dan tidak terputus. Perubahan pendapatan dalam suatu negara tersebut saat terjadi karena adanya faktor-faktor yang menyebabkan perubahan yaitu adanya perubahan pada perdagangan dan lapangan industri.

pengertian ekonomi pembangunan

Pengertian tentang ekonomi pembangunan juga dikemukakan oleh Professor Simon Kuznets. Menurut beliau ekonomi pembangunan dapat didefinisikan sebagai meningkatnya kemampuan suatu negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan oleh penduduknya dalam jangka panjang. Meningkatnya kemampuan suatu negara tersebut menurut beliau dapat terjadi dengan adanya faktor pendukung. Faktor yang dapat mempengaruhi meningkatnya pendapatan atau kemampuan suatu negara adalah saat negara tersebut memiliki barang yang dibutuhkan, adanya teknologi yang terus berkembang dan maju, dan yang terakhir adalah ideologi suatu negara yang menghasilkan suatu ilmu pengetahuan.

Pengertian Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi

Pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli tentu dapat dipahami sebagai suatu hal yang dapat saja terjadi dalam suatu negara asalkan faktor pendukungnya direalisasikan. Dalam prosesnya untuk meningkatkan pendapatan suatu negara dan meningkatkan kemampuan negara dalam pemenuhan kebutuhan tentu dibutuhkan dukungan berbagai pihak. Salah satunya adalah dari setiap daerah yang berusaha memperbaiki dan mengupayakan kesejahteraan rakyat daerahnya masing-masing. Dengan dimulai dari daerah tentu akan menjadi sorotan daerah yang lain dan dapat dipastikan suatu negara nantinya akan mampu menyejahterakan seluruh penduduk negara tersebut.

Pembangunan ekonomi suatu negara merupakan suatu proses dimana negara tersebut tidak hanya membangun namun mempersiapkan diri. Untuk mencapai kesejahteraan nasional tentu saja persiapan yang matang perlu dilakukan demi suksesnya pembangunan ekonomi. Selain itu, pembangunan ekonomi juga dapat ditandai dengan pertumbuhan penduduk dalam suatu negara. Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam proses meningkatkan pendapatan negara.

Pemerataan pendapatan dalam suatu negara juga dibutuhkan dalam proses pembangunan ekonomi. Bahkan pertumbuhan penduduk dapat menjadi salah satu faktor pendorong majunya pembangunan ekonomi. Dengan pertumbuhan penduduk yang juga diiringi dengan pemerataan pendapatan penduduk, maka pembangunan ekonomi akan berjalan dengan baik. Hal ini karena pertumbuhan penduduk akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Dan pertumbuhan ekonomi tentu akan berdampak baik pada pembangunan ekonomi. Pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli memang tidak hanya sebatas pengertian namun harus dibarengi dengan usaha suatu negara beserta penduduknya dalam rangka menyukseskan pembangunan ekonomi.