Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu bahwa rumah tangga dalam ilmu ekonomi dibagi menjadi dua, ekonomi mikro dan ekonomi makro. Bagi Anda yang memiliki konsentrasi studi dan pekerjaan di bidang ekonomi, tentu sudah sangat akrab dengan dua pembagian ini. Seperti pengertiannya secara kamus bahasa, di mana mikro memiliki arti kecil sedangkan makro memiliki arti besar, maka pengertiannya secara ilmu ekonomi pun tidak jauh berbeda. Ekonomi mikro menggambarkan suatu pengaturan rumah tangga dengan skala kecil atau skala pelaku usaha, sedangkan ekonomi makro menggambarkan suatu pengaturan ekonomi secara agregat atau tingkat nasional.

pengertian ekonomi mikro

Untuk dapat memahami ilmu ekonomi secara keseluruhan, baiknya kita mendalami dahulu masing-masing pembagian bidang dalam ilmu ekonomi. Pertama, mari kita mulai dengan pengertian ekonomi mikro sebelum kita beranjak pada skala yang lebih massif. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai ekonomi mikro, berikut akan saya sajikan pendapat ahli dari dua tokoh ekonomi klasik yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Adam Smith

Adam Smith lahir pada 16 Juni 1723 dan meninggal pada 5 Juni 1723. Sebagian besar teori yang dirumuskan oleh Adam Smith adalah terkait dengan sistem ekonomi dalam lingkup negara. Namun tidak berarti Adam Smith tidak dapat dikaitkan dengan ekonomi makro. Menurut teori panjang Adam Smith, dapat diperoleh kesimpulan bahwa pengertian ekonomi mikro memiliki subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal tersebut menyebabkan seorang pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum mengambil keputusan.

David Ricardo

David Ricardo lahir 18 April 1772 dan meninggal 11 September 1823. Selama hidupnya, beliau dikenal sebagai pakar ekonomi politik yang sangat berpengaruh di era klasik. Perannya sebagai seorang ekonom politik membuat teorinya banyak menyasar pada bidang makro. Namun, ia juga berkomentar tentang ekonomi mikro. Seperti yang banyak diketahui oleh para pengkaji ekonomi, David Ricardo banyak mengkritisi mengenai nilai tenaga kerja. Tenaga kerja sendiri menjadi bagian dari ekonomi mikro terkait tenaga kerja dalam dunia bisnis, dan ekonomi makro terkait pengangguran. Beliau mengatakan bahwa dalam ekonomi mikro, pelaku ekonomi telah mempunyai informasi dan seluk beluk tentang pasar. Hal tersebut menjadi suatu penanda bahwa ekonomi mikro merupakan faktor penentu dari pasar ekonomi global.

Pengertian Ekonomi Mikro Serta Contohnya

Dapat disimpulkan bahwa pengertian ilmu ekonomi mikro adalah cakupan kajian ilmu ekonomi di skala bisnis. Meski demikian, ekonomi mikro tidak lepas dari peran penting untuk menjadi tonggak realitas ekonomi makro. Oleh karena itulah, banyak kebijakan ekonomi makro yang ditentukan atau bergantung pada kondisi ekonomi mikro. Contoh, ekspansi perusahaan, kerja sama bisnis dengan perusahaan asing, kenaikan harga untuk biaya produksi, dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat bereksplorasi.