Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi sudah bukan merupakan bidang ilmu asing bagi akademisi Indonesia. Ilmu ini bahkan sudah mulai diajarkan sebagai mata pelajaran mandiri sejak jenjang pendidikan SMP. Namun, pada praktiknya, anak-anak kecil pun sudah dapat mulai menerapkannya dalam transaksi sehari-hari. Namun, apakah Anda mengetahui pengertian dan sejarah kemunculan ilmu sosial ini?

pengertian ekonomi menurut para ahli

Meskipun pengertian ilmu ekonomi dapat disimpulkan dalam berbagai pemahaman masing-masing, namun kita perlu menilik pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Beberapa pendapat ahli ekonomi yang akan saya bahas dalam artikel kali ini antara lain pendapat Adam Smith, pendapat Paul Anthony Samuelson.

Pengertian Ilmu Ekonomi menurut Adam Smith

Adam Smith diakui sebagai Bapak Ilmu Ekonomi. Peran beliau dalam dunia ekonomi mencampuri hampir segala bidang. Menurut beliau, ekonomi adalah ilmu yang berperan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen dalam lingkup rumah tangga. Adam Smith juga menyebutkan bahwa ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Pengertian Ilmu Ekonomi menurut Paul Anthony Samuelson

Paul Anthony Samuelson dikenal sebagai ekonom asal Amerika yang memiliki peran besar dalam perkembangan dunia ekonomi. Sebagai tanda dedikasi Samuelson, ia menjadi seorang peraih nobel pertama dalam Nobel Memorial Prize di bidang Ilmu Ekonomi. Beliau juga turut mengemukakan pendapat mengenai pengertian ilmu ekonomi. Menurut ahli Paul A. Samuelson, pengertian ekonomi yaitu, cara-cara yang dilakukan manusia beserta kelompoknya, untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas agar memperoleh berbagai komoditi serta mendistribusikannya untuk dikonsumsi masyarakat.

Pengertian Ilmu Ekonomi menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow lahir pada 1 April 1908 dan meninggal pada 8 Juni 1970. Beliau merupakan psikolog asal Amerika yang menciptakan teori hierarki kebutuhan. Menurut beliau, ekonomi adalah fondasi terpenting dalam menunjang hidup manusia. Oleh karena itu, ekonomi dianggap sebagai salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah terkait kebutuhan manusia yang paling asasi. Cara tersebut dilakukan melalui pengaturan seluruh sumber ekonomi yang ada dengan berasas pada prinsip serta teori tertentu di dalam payung sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Pengertian Ilmu Ekonomi menurut John Maynard Keyness

  1. M. Keyness merupakan tokoh penting yang memberikan solusi campur tangan pemerintah saat pasar tidak dapat mengendalikan ekonomi negara dengan efektif. Beliau memberikan sumbangsih bagi dunia ekonomi melalui karyanya “General Theory of Employment, Interest and Money” yang diterbitkan tahun 1938). Beliau Memberikan definisi yang bersifat umum terkait Ilmu ekonomi, yakni ilmu yang menyangkut tentang kebijaksanaan guna mengatasi masalah yang mendesak termasuk masalah pengangguran. Penekanan pembahasan beliau adalah pada perluasan lapangan kerja, dan peningkatan pendapatan yang notabene merupakan fokus kajian ilmu ekonomi makro.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya

Ilmu ekonomi berasal dari dua akar kata dalam Bahasa Yunani “oikos” dan “nomos”. Oikos berarti rumah tangga sedangkan nomos berarti hukum atau aturan. Secara sederhana, ekonomi dapat diartikan sebagai aturan untuk mengelola kebutuhan rumah tangga. Adapun yang dikelola adalah bagaimana mengalokasikan sumber daya yang terbatas atau langka untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih alternatif untuk menciptakan kemakmuran.