Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang luas. Dalam ekonomi ada banyak sekali cabang ilmu yang mempelajari atau mengatur suatu tatanan ekonomi. Pengertian-pengertian dari istilah ekonomi yang tentu di definisikan oleh para ahli ekonomi memiliki pengaruh yang besar dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi. Namun terkadang sebagian orang tidak mengetahui pengertian ataupun istilah tersebut namun telah menjadi bagian darinya. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli. Istilah ini mungkin saja terdengar asing bagi sebagian orang namun juga sekaligus menjadi sangat penting karena dengan mengkajinya tentu akan memberikan dampak positif dalam sistem ekonomi yang sedang dijalankan.

pengertian ekonomi manajerial

Beberapa ahli ekonomi mengungkapkan pengertian dari ekonomi manajerial. Salah satunya adalah Evan J. Douglas yang menyatakan bahwa ekonomi manajerial adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi di dalam proses pengambilan keputusan organisasi atau perusahaan. Selain Evan, ahli ekonomi lain yaitu Dominic Sakvaton menyatakan bahwa ekonomi manajerial memiliki definisi sebagai pengetahuan yang menjelaskankan adanya aplikasi teori ekonomi serta analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.

Dari kedua ahli ekonomi tersebut dalam mendefinisikan ekonomi manajerial, dapat pula ditarik suatu kesimpulan bahwa dalam kegiatan ekonomi suatu pengambilan keputusan memiliki peranan sangat penting di dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Oleh sebab itu pertanggungjawaban dari proses pengambilan keputusan memiliki peranan yang penting dan harus dilakukan dengan hati-hati agar tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai dengan baik. Dengan melihat pengertian dari manajerial ekonomi tidak mengherankan apabila posisi sebagai seorang manager harus memiliki kemampuan yang baik dalam menganalisis suatu permasalahan ekonomi dan mengetahui seluk-beluk prinsip ekonomi. Hal ini akan sangat mempengaruhi kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan.

Pengertian Ekonomi Manajerial dan Contohnya

Pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli memang memiliki definisi yang kuat. Namun hal tersebut membutuhkan suatu contoh seperti apa ekonomi manajerial yang dimaksud untuk lebih memahamkan pembaca. Contoh bagaimana ekonomi manajerial berlangsung dalam suatu perusahaan atau organisasi dapat dilihat bagaimana suatu rumah sakit berjalan dengan baik. Dalam menjalankan kegiatan mengobati pasien tentu rumah sakit harus memperhitungkan seberapa banyak pasien yang mampu untuk ditangani setiap harinya.

Selain menentukan seberapa banyak pasien yang mampu ditangani, sebuah rumah sakit juga harus menentukan bagaimana dokter, perawat, dan para pekerja di rumah sakit dapat bekerja secara berkesinambungan dan bergantian dalam kurun waktu tertentu. Hal ini tentu membutuhkan suatu keputusan yang tepat agar nantinya tidak terjadi suatu kekurangan atau kesalahan. Pengertian ekonomi manajerial menurut para ahli dapat ditarik kesimpulan sebagai suatu proses pengambilan keputusan untuk menentukan masa depan suatu perusahaan atau organisasi.