Pengertian Ekonomi Makro Menurut Para Ahli

Setelah sebelumnya kita telah membahas ekonomi mikro, maka sekarang kita akan membahas mengenai ilmu ekonomi makro. Sebagaimana kita telah ketahui, bahwa kedua pembagian tersebut akan memudahkan Anda dalam mempelajari dan memahami ilmu ekonomi. Biasanya, ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro memiliki konsentrasi berbeda. Ilmu ekonomi mikro berorientasi pada kinerja bisnis, sedangkan ilmu ekonomi makro berorientasi pada pemerintahan. Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita kupas pengertian mengenai ilmu ekonomi makro.

pengertian ekonomi makro

Ilmu ekonomi makro memiliki cakupan pembahasan yang luas, meliputi permasalahan-permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh rumah tangga keluarga. Beberapa fokus kajian ekonomi makro antara lain inflasi, pengangguran, pendapatan nasional, kebijakan fiskal dan kebijakan moneter, dan lain-lain. Berikut pengertian ilmu ekonomi makro menurut pendapat para ahli.

ADAM SMITH

Adam Smith yang mendapatkan julukan sebagai bapak ekonomi memang memegang peran penting dalam teori ekonomi. Salah satu karya beliau yang sangat fenomenal dan menjadi acuan dalam kelahiran dan perkembangan ilmu ekonomi adalah “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” atau yang lebih populer dikenal sebagai “The Wealth of Nations”. Beliau mengemukakan pendapat berkenaan dengan ekonomi makro. Sebagai seorang ekonom, negarawan, dan juga filsuf, beliau mengatakan bahwa ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. Dengan demikian, beliau langsung mengasosiasikan ekonomi sebagai suatu kajian makro.

PAUL A. SAMUELSON

Paul Anthony Samuelson adalah seorang ekonom asal Amerika dan merupakan seorang pemenang nobel Amerika pertama dalam Nobel Memorial Prize di bidang Ilmu Ekonomi. Menurut pendapat beliau, Ekonomi makro adalah suatu sistem yang merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas dengan cara memperoleh berbagai komoditas dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Pengertian Ekonomi Makro dan Contohnya

Para ahli ekonomi di masa klasik sebenarnya tidak secara gamblang menyebutkan pengertian ilmu ekonomi makro. Namun, mereka meninggalkan petunjuk dengan mengidentifikasi pokok permasalahan yang dihadapi dalam kajian makro ekonomi. Teori ekonomi makro mengutamakan analisis mengenai seberapa jauh kemampuan perekonomian dapat menyediakan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan secara agregat. Skala analisis ini ditentukan oleh aktivitas secara menyeluruh dalam perekonomian, yang diantaranya meliputi:

  • Pengeluaran dan pendapatan nasional dan pendapatan per kapita
  • distribusi pendapatan dan tingkat kemiskinan
  • Investasi lintas negara dan kurs mata uang rupiah
  • ketenagakerjaan termasuk di dalamnya pengangguran
  • Kondisi keuangan negara, utang luar negeri, tingkat laju inflasi
  • aktivitas perdagangan internasional baik ekport maupun import
  • kebijakan nasional baik kebijakan fiskal maupun kebijakan moneter
  • dan lain sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan ekonomi negara