Pengertian Ekonomi Liberal dan Kapitalis

Pengertian ekonomi liberal dan kapitalis harus terlebih dahulu dipahami oleh setiap orang yang ingin mengetahui bagaimana sejarah serta perkembangan ekonomi liberal kapitalis, ciri-ciri ekonomi liberal kapitalis, sistem ekonomi liberal kapitalis, termasuk kekurangan dan kelebihannya. Mengenai pengertian ekonomi kapitalis dan pengertian ekonomi liberal menurut para ahli sangatlah beragam, namun secara umum dapat disimpulkan bahwa ekonomi liberal dan kapitalis merupakan suatu bentuk sistem ekonomi yang dipakai oleh negara dalam mengatur hubungan ekonomi masyarakat (konsumen, produsen, bank) pada kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, investasi, konsumsi) untuk menghindari terjadinya kekacauan.

pengertian ekonomi liberal

Pengertian Ekonomi Liberal Menurut Para Ahli

Adapun yang dimaksud dengan ekonomi liberal atau yang biasa disebut dengan ekonomi pasar yaitu suatu bentuk sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya diserahkan sepenuhnya pada mekanisme pasar, mulai dari produksi, distribusi hingga konsumsi. Sedangkan ekonomi kapitalis yaitu suatu bentuk sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada seseorang dalam menggunakan sumber daya yang tersedia tanpa adanya campur tangan negara dan negara yang menggunakan sistem ekonomi kapitalis adalah negara Amerika Serikat, India, Thailand, Filipina, Jepang, Mesir, Brazil, Argentina, dan lain sebagainya.

Dari kedua bentuk sistem ekonomi liberal dan kapitalis, tentunya terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Misalnya keuntungan pada penerapan sistem liberal yaitu dapat mengembangkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi, adanya kebebasan setiap individu untuk memiliki sumber daya produksi, dapat memunculkan persaingan dalam meningkatkan barang-barang berkualitas tinggi, dan tingginya efektivitas karena tindakan ekonomi didasarkan pada motif mencari keuntungan. Sedangkan kekurangannya yaitu munculnya monopli yang bisa merugikan masyarakat, cenderung terjadinya eksploitasi, dan sulitnya pemerataan pendapatan akibat bebasnya persaingan.

Untuk penerapan sistem ekonomi kapitalis, keuntungan yang didapatkan yaitu lebih efisien dalam memanfaatkan sumber daya dan pendistribusian barang, minimnya pengawasan politik dan sosial yang disebabkan oleh waktu kerja dan biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. Sementara kekurangan menggunakan sistem ekonomi kapitalis yaitu tidak adanya persaingan sempurna/monopolistik, sistem harga mengalami kegagalan dalam pengalokasian sumber daya secara efisien yang disebabkan oleh faktor eksternalistik. Kedua bentuk sistem ekonomi tersebut dapat lebih mudah dipelajari dan dipahami apabila pengertian ekonomi liberal dan kapitalis sudah dikuasai oleh setiap orang yang terjun di dunia ekonomi.

Disamping itu, penting juga bagi setiap orang yang ingin menguasai ilmu ekonomi untuk mengetahui pengertian ekonomi liberal dan kapitalis menurut para ahli guna memperluas wawasannya dalam bidang ilmu ekonomi khususnya ekonomi liberal dan ekonomi kapitalis. Pengertian ekonomi liberal dan kapitalis merupakan ilmu pengantar untuk dapat memahami seperti apa ekonomi liberal dan ekonomi kapitalis itu sendiri.