Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli

8 views

Semakin berkembangnya ekonomi suatu negara dan juga perkembangan jaman, sekarang ini konsep ekonomi ikut berkembang juga. Hal itu dikarenakan konsep dari ekonomi saat ini sudah berubah yang mana lebih menekankan kepada produksi dari sumber daya alam yang bisa dijadikan sebagai ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah suatu konsep yang didasari oleh penggabungan antara informasi dan kreatifitas. Konsep ini lebih mengintensifkan suatu ide dan juga pengetahuan yang berasal dari sumber daya manusia sebagai faktor utama suatu produksi. Banyak sekali pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli yang disampaikan dengan beberapa definisi yang mana menyimpulkan pada satu definisi yang sudah disebutkan di atas.

pengertian ekonomi kreatif

Pengertian Ekonomi Kreatif dan Contohnya

Menurut Paul Romer sebagai ahli ekonomi (1993) menjelaskan bahwa ide adalah barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Saat ini, adanya penemuan ide-ide besar yang bersamaan dengan penemuan jutaan ide kecillah yang bisa membuat ekonomi tetap tumbuh. Ide adalah instruksi yang akan membuat kita mengombinasikan sumber daya fisik yang unsur penyusunannya terbatas sehingga menjadi lebih bernilai. Pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli yaitu Romer mengartikan bahwa ide merupakan faktor utama pencetusnya ekonomi kreatif untuk menuju produktivitas yang lebih baik dan juga lebih bernilai. Dari penjelasan ekonomi kreatif tersebut bisa disimpulkan bahwa suatu ekonomi kreatif bisa berkembang lebih baik dan maju jika ide yang dihasilkan bisa diimbangi dengan sumber daya fisik.

Sedangkan dalam bukunya John Howkins yang berjudul “The Creative Economy : How People Make Money From Ideas”, pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli yang juga dimaksudkan oleh Howkins menjelaskan bahwa ekonomi kreatif sebagai the creation of values as a result of idea. Dalam sebuah wawancara di Word Intelectual Property Organization (WIPO), yang dipandu oleh Donna, Howkins menjelaskan bahwa kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat yang mana menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide. Howkins juga menambahkan kalau kegiatan ekonomi tersebut tidak hanya dilakukan sesekali melainkan juga berulang dan rutin. Hal ini bisa disimpulkan bahwa Howkins menitikberatkan suatu ekonomi pada suatu ide yang dipikirkan secara matang yang bisa menghasilkan hasil yang lebih baik.

Berdasarkan kedua definisi ekonomi kreatif dari para ahli bisa dimaksudkan bahwa suatu ekonomi dibangun dari suatu ide yang diciptakan yang mana bisa menghasilkan suatu produk yang bisa bernilai sangat tinggi bahkan bisa menjadi sesuatu yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli ini juga bisa dicontohkan dengan beberapa contoh tentang hasil ekonomi kreatif itu sendiri seperti periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, film, video, televise, dan masih banyak lainnya.

Dunia telah memasuki babak baru yang bersaing sangat ketat di bidang ekonomi. Pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli ini bisa membantu sumber daya manusia untuk membangun perekonomian negara yang lebih baik dan juga lebih maju sehingga bisa menjadi negara yang kuat yang tidak bisa dijajah oleh negara lain. Selain itu, dalam menjalankan suatu aktifitas ekonomi kreatif bisa dihasilkan dari ide yang dimiliki serta membangun bersama dibarengi dengan kerja keras yang dilakukan secara bersamaan. Semakin banyak ide yang dihasilkan maka hasil yang didapat akan lebih baik dari sebelumnya. Pengembangan ide dan juga pengembangan teknologi bisa membantu ekonomi kreatif ini semakin berkembang.