Pengertian Ekonomi Deskriptif Beserta Contohnya

Ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keadaan perekonomian yang pada dasarnya sudah terjadi di masyarakat. Ilmu ekonomi deskriptif juga memiliki fungsi untuk mengumpulkan informasi dan juga keterangan-keterangan nyata yang relevan terhadap suatu permasalahan ekonomi. Misal saja krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia. Pengertian ekonomi deskriptif beserta contohnya ini bisa diartikan sebagai suatu pandangan yang menggambarkan tentang hubungan prediksi berdasarkan kondisi ekonomi yang akan terjadi. Dari sifat-sifat yang dimiliki oleh ekonomi deskriptif yang juga sudah terwujud dalam kegiatan ekonomi sebelumnya berpengaruh terhadap perubahan dunia serta perubahan pasar.

pengertian ekonomi deskriptif

Teori ekonomi deskriptif beserta contohnya tersebut juga bisa dijadikan suatu landasan untuk merubah perekonomian suatu negara. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya perubahan moneter yang terjadi di Indonesia. Dengan mengumpulkan bukti-bukti yang relevan serta keterangan di lapangan bisa diketahui dan diambil kesimpulan serta ditemukannya solusi atas permasalahan yang terjadi terhadap perekonomian baik makro maupun mikro. Pengertian ekonomi deskriptif beserta contohnya itu didasarkan dari beberapa teori para ahli yang bisa menjelaskan tentang arti sebenarnya dari ekonomi deskriptif.

Pengertian Ekonomi Deskriptif Menurut Para Ahli

Menurut Alfred W. Stonier, beliau membagi ilmu tentang ekonomi menjadi 3 kelompok yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan. Dari penjelasan tentang ilmu ekonomi deskriptif dituliskan bahwa “ilmu ekonomi mendeskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi”. Hal ini sudah dijelaskan pada penjelasan di atas yang memang berkenaan dengan data dari lapangan yang disuguhkan dan dianalisis sehingga membentuk suatu kesimpulan yang berhubungan dengan keadaan ekonomi yang berlangsung di lapangan. Pengertian ekonomi deskriptif beserta contohnya ini bisa menjelaskan tentang permasalahan ekonomi yang ada di lapangan.

Dari pemaparan ilmu ekonomi deskriptif dengan berbagai contoh yang diberikan, dalam hal ini badan pusat statistik menggunakan teori tentang ilmu ekonomi deskriptif dalam menyajikan suatu keadaan ekonomi baik untuk ekonomi mikro maupun makro. Contoh yang didapat dari penyajian ini berkenaan langsung terhadap pengertian ekonomi deskriptif beserta contohnya yaitu tentang pendapatan nasional, jumlah pengangguran, dan juga neraca pembayaran.

Peranan penting suatu ekonomi dalam masyarakat sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi suatu kehidupan. Hal ini yang menyebabkan banyaknya ahli yang tertarik untuk menganalisis dan mencari solusi dari persoalan ekonomi. Mereka beranggapan bahwa ekonomi memegang kendali atas perubahan suatu negara yang bisa berakibat ke seluruh dunia. Selain itu, untuk mempelajari ilmu ekonomi dibutuhkan adanya pemahaman atas perilaku masyarakat serta memahami permasalahan global. Pengertian ekonomi deskriptif beserta contohnya inilah yang bisa menjadi dasar utama sebagai pengambil suatu keputusan.