Pengertian Ekonomi Campuran Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang pembahasannya sangat luas, karena banyak hal yang dijelaskan di dalamnya. Misalnya pada bidang ilmu ekonomi yang menggunakan sistem ekonomi campuran, kita akan mempelajari ekonomi campuran mulai dari pengertian ekonomi campuran menurut para ahli, sistem ekonomi campuran, ciri-ciri ekonomi campuran, kelebihan serta kekurangan ekonomi campuran. Ekonomi campuran adalah suatu bentuk sistem ekonomi yang dijalankan dengan kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam memecahkan masalah ekonomi.

pengertian ekonomi campuran

Pengertian Ekonomi Campuran dan Contohnya

Adapun sistem ekonomi campuran yaitu salah satu sistem ekonomi yang digunakan oleh kebanyakan negara dimana pemerintah tidak terlalu mencampuri dan tidak menghapus kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pihak swasta yang berjalan sesuai prinsip-prinsip ekonomi dalam perekonomian pasar. Sistem ekonomi yang disebut dengan ekonomi campuran adalah gabungan antara sistem ekonomi kapitalis dengan sistem ekonomi sosialis yang mengambil jalan tengah antara kebebasan dan juga pengendalian. Nah, setelah mempelajari pengertian ekonomi campuran dan contohnya, maka kita dapat berpindah menuju ciri-ciri dari sistem ekonomi campuran yang merupakan karakteristik dari sistem ekonomi campuran itu sendiri.

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran yaitu dapat diketahui dengan aktifnya pemerintah dalam kegiatan ekonomi, rencana perekonomian yang berlaku bagi pihak swasta ditetapkan oleh pemerintah, dikuasainya sumber daya vital oleh pemerintah, jenis serta jumlah barang produksi ditentukan oleh mekanisme pasar, pihak swasta diberikan kebebasan sesuai batas yang telah ditentukan oleh pemerintah, diakuinya hak swasta agar tidak mengganggu kepentingan umum, timbulnya persaingan dalam kontrol langsung dari pemerintah, perencanaan dan peraturan serta penetapan kebijakan dalam bidang ekonomi disusun oleh pemerintah, dan peran antara pemerintah dengan swasta itu sama. Dari ciri-ciri sistem ekonomi campuran tersebut, maka kita dapat menyimpulkan sendiri pengertian ekonomi campuran menurut para ahli dalam bidang ilmu ekonomi.

Selain itu, perlu bagi kita sebagai pengkaji ilmu ekonomi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam ekonomi campuran. Diantara beberapa kelebihan sistem ekonomi campuran yaitu diakuinya hak individu, terkendalinya penetapan harga dalam perekonomian, sektor ekonomi yang dikuasai pemerintah diarahkan demi kepentingan masyarakat, adanya kebebasan menjalankan usaha, terjaminnya kesetabilan ekonomi serta diperhatikannya usaha sektor menengah dan kecil oleh pemerintah. Sedangkan kekurangan atau kelemahannya yaitu beban pemerintah lebih berat dibandingkan dengan swasta dan pihak swasta kurang memaksimalkan keuntungannya.

Diantara salah satu pendapat para ahli terkait pengertian ekonomi campuran yaitu Sukrino. Menurutnya, ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah, namun masyarakat masih mempunyai kebebasan luas untuk menentukan kegiatan ekonomi yang ingin dijalankannya. Pada sistem ini, mekanisme pasar masih tetap memegang peran penting dalam menentukan corak kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian ekonomi campuran menurut para ahli, ciri-ciri, sistem hingga kelebihan serta kekurangan dalam ekonomi campuran.