Pengertian Ekonomi Bisnis Menurut Para Ahli

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris yaitu “business” yang memiliki arti sibuk. Sibuk disini maksudnya adalah sibuk dengan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Didalam dunia ekonomi, bisnis diartikan sebagai penjualan barang atau jasa kepada konsumen untuk memperoleh laba atau keuntungan. Sedangkan mengenai pengertian ekonomi bisnis menurut para ahli terdapat beberapa pendapat, diantaranya adalah menurut Steinford, Allan Afuah, Prof. Owen, Mc. Naughton, Prof. L.R. Dicksee, William Spregal dan Merriam Webster.

pengertian ekonomi bisnis

Berikut masing-masing pengertian ekonomi bisnis menurut para ahli yang harus dipelajari dalam ilmu ekonomi yang membahas tentang bisnis. Pertama, menurut Steinford yaitu suatu kelembagaan yang menghasilkan barang atau jasa sebagai kebutuhan masyarakat dan ketika kebutuhan meningkat, maka lembaga bisnis pun dapat meningkat keuntungannya. Kedua, Allan Afuah mengartikan bisnis sebagai suatu kegiatan usaha menjual barang dan jasa demi mendapatkan keuntungan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Ketiga, Prof. Owen menganggap bahwa bisnis dalam ilmu ekonomi merupakan sesuatu yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang. Keempat, menurut Mc. Naughton yaitu pertukaran uang, barang atau jasa hanya untuk memperoleh keuntungan.

Kelima, Prof. L.R. Dicksee berpendapat bahwa bisnis adalah salah satu bentuk kegiatan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Keenam, menurut William Spregal bisnis yaitu suatu kegiatan yang berkaitan dengan produksi serta distribusi barang atau jasa. Ketujuh, pendapat dari Merriam Webster terkait pengertian bisnis dalam ekonomi yaitu suatu kegiatan manufaktur, pembelian atau penjualan barang dan jasa yang ditukar dengan uang.

Pengertian Ekonomi Bisnis Internasional

Tidak hanya itu saja, bahkan ada juga pengertian ekonomi bisnis internasional dari beberapa para ahli dalam bidang ekonomi yang perlu untuk dipelajari dan dikaji karena ekonomi bisnis internasional ini merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari dan menganalisis transaksi serta permasalahan-permasalahan ekonomi secara internasional yang meliputi perdagangan, keuangan dan kerjasama antar negara.

Adapun pengertian bisnis menurut para ahli dalam dunia ekonomi yaitu suatu aktifitas atau kegiatan produksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari dan memasarkannya kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan. Bisnis dalam kehidupan ekonomi dapat diklasifikasikan menjadi manufaktur, bisnis jasa, pengecer dan distribusi, bisnis pertanian dan pertambangan, bisnis finansial, utilitas, bisnis transportasi, bisnis real estate dan lain-lain.

Selain pendapat tentang pengertian bisnis ekonomi menurut para ahli di atas, masih banyak pendapat para ahli ekonomi dalam mendefinisikan arti bisnis ekonomi. Diantaranya yaitu Amrullah, Bukhari Alma. Menurut Amrullah, bisnis ekonomi adalah istilah untuk menggambarkan suatu aktifitas produksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Bukhari Alma berpendapat bahwa ekonomi bisnis merupakan suatu usaha yang meliputi produksi, pertanian, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, dan usaha jasa yang bergerak di bidang pembuatan dan pemasaran produk atau barang dan jasa kepada konsumen.