Pengertian Ekonomi Ali Baba

Saat ini mempelajari ilmu ekonomi menjadi kebutuhan setiap orang. Hal ini dikarenakan setiap orang secara tidak sadar sudah menerapkan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ekonomi sangat diperlukan dalam kehidupan. Ilmu ekonomi mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kondisi keuangan seseorang dan cara memprioritaskan mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang bisa ditunda terlebih dahulu. Ilmu ekonomi sendiri memiliki banyak macam dan jenis. Salah satunya adalah sistem ekonomi ali-baba. Seperti apa sistem ali-baba dan seperti apa pengertian ekonomi ali baba ? berikut ulasan selengkapnya.

pengertian ekonomi ali baba

Pengertian Sistem Ekonomi Ali Baba

sistem ekonomi sangat beragam salah satunya adalah ekonomi dari ali baba. Sistem ini sebenarnya menggambarkan perekonomian orang pribumi dengan orang cina kala itu. Sistem ekonomi ini adalah bentuk dari kerjasama perekonomian antar pengusaha pribumi dengan pengusaha Tionghoa. Pengusaha pribumi diidentikkan dengan ali sedangkan untuk pengusaha Tionghoa diidentikkan dengan nama baba. Dari situlah kemudian perekonomian ini dikenal dengan ekonomi ali-baba.

Pengertian Kebijakan Ekonomi Ali Baba

Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian ekonomi ali baba, kini Anda juga harus mengetahui apa saja kebijakan yang ada pada sistem ini. Pada pelaksanaannya, para pengusaha pribumi atau biasa yang dikenal dengan ali wajib memberikan pelatihan dan juga tanggung jawab kepada tenaga-tenaga dari Indonesia agar mampu menduduki jabatan-jabatan yang strategis seperti jabatan staf dan lain sebagainya. Dalam sistem ini pemerintah akan menyediakan kredit dan juga lisensi kepada perusahaan swasta namun masih dalam lingkup nasional. Pemerintah juga akan memberikan perlindungan penuh kepada perusahaan dari persaingan perusahaan-perusahaan asing.

Tujuan dari penyelenggaraan sistem ekonomi ini agar pengusaha pribumi dapat bekerjasama dan mampu memajukan perekonomian nasional. Tak hanya itu, alasan lain dari perekonomian ini untuk memajukan pengusaha pribumi. Pertumbuhan dan juga perkembangan dari pengusaha swasta nasional orang pribumi dalam rangka untuk merombak perekonomian kolonial agar menjadi ekonomi nasional. Dan tujuan terakhir untuk mendorong pengusaha agar bekerjasama dengan pengusaha non pribumi untuk memajukan perekonomian yang ada.

Namun, jika melihat dari pengertian ekonomi ali baba yang sudah diuraikan di atas, sistem ini tidak berlangsung lancar. Terdapat kegagalan saat menjalankan sistem ini. Kegagalan tersebut dipicu karena adanya persaingan antar kelompok yang kemudian menyebabkan kondisi politik menjadi tidak stabil. Hal ini menjadikan terganggunya jalannya pemeritahan baik pusat maupun daerah. Selanjutnya orang pribumi juga tidak memiliki modal yang kuat sehingga tidak mungkin untuk bersaing dengan orang non pribumi yang memiliki modal yang kuat. Terakhir karena orang pribumi lebih konsumtif dan kurang produktif sehingga menjadi ladang korupsi dan juga kolusi di pemerintahan.