Pengertian Data dan Informasi Teknologi Terlengkap

672 views

Dalam ilmu teknologi, data dan informasi adalah kedua sistem yang tidak dapat dipisahkan. Data dan informasi merupakan suatu kesatuan yang memang penting yang akan disampaikan oleh seseorang ke orang lain. Pengertian data dan informasi sendiri dalam ilmu teknologi ini memiliki beberapa poin yang mana para ahlinya memiliki pendapat masing-masing dalam mengartikannya. Akan tetapi, kedua hal tersebut tentunya memiliki peranan dan fungsi yang sama yaitu suatu keadaan dimana poin yang akan disampaikannya ini akan berupa teks, huruf, suara, gambar, bahasa, simbol, kode, atau berbagai bahan yang memang memiliki konsep yang dibuat menjadi suatu informasi penting untuk disampaikannya.

pengertian data dan informasi

Pengertian Data dan Informasi Menurut Para Ahli

Data adalah sesuatu hal yang masih belum memiliki arti karena masih butuh proses dalam cara mengolahnya untuk menjadi suatu informasi. Wujud dari data sendiri ini biasanya berupa gambaran suatu keadaan, suara, huruf, bahasa, simbol, kode, angka, atau yang lainnya yang masih membutuhkan konsep dalam cara penyampaiannya. Sedangkan informasi adalah hasil dari data yang diolah. Wujud dari informasi ini biasanya bisa berupa model, organisasi, farmasi, atau bentuk perubahan data yang memiliki nilai untuk digunakan sebagai bentuk informasi yang akan diterimanya. Nah, untuk mengetahui apa saja pendapat para pakar ahli data dan informasi, Anda bisa lihat penjelasannya berikut.

Menurut kamus bahasa Indonesia, pengertian data dan informasi ini memiliki kesatuan yang berbeda dalam segi makna katanya. Data, diartikan sebagai keterangan yang nyata dan benar, ini juga bisa berupa bahan atau keterangan yang membutuhkan suatu analisis untuk mendapatkan hasil akhirnya.

Sedangkan Robert N. Anthony mengartikan data sebagai bentuk jamak dari suatu bentuk tunggal data. Jogiyanto juga berbeda pendapat mengenai arti data, yaitu kenyataan yang akan menggambarkan suatu proses kejadian (nyata).

Sedangkan untuk pengertian informasi, menurut George R. Terry Ph. D memberikan arti dengan makna sebagai data penting yang akan memberikan pengetahuan yang berguna. Gordon B. Davis mengartikan informasi sebagai data yang diolah dalam bentuk penting yang akan diberikan oleh penerimanya dengan nilai yang nyata. Berbeda lagi dengan pakar informasi yaitu Joner Hasugian yang mengartikannya sebagai konsep universal dengan jumlah besar, yang meliputi banyak hal dengan ruang lingkup masing-masing. Kenneth C. Laudon memberikan penjelasan yang berbeda pula mengenai arti informasi, yaitu formulir dalam suatu bentuk yang memiliki manfaat untuk diberikan kepada manusia. Sedangkan Anton M. Moeliono berpendapat lain, arti informasi yaitu keterangan, penerangan, kabar, berita atau pemberitahuan. Dan terakhir pakar informasi lain yaitu Robert G. Murdick juga mengartikan informasi dengan pendapatnya yaitu data yang didapat dari proses pengolahan baik dengan tujuan jelas, berbentuk uraian, dengan dasar untuk mengambil suatu keputusan.

Berbagai hal penting yang terkait dengan data dan informasi, pengertian yang disampaikan oleh pakar ahli data dan informasi di atas, bahwa data dan informasi adalah satu kesatuan yang memang tidak akan bisa dipisahkan. Bahkan pengertian data dan informasi di atas sangat jelas sekali jika data akan bisa diterima oleh penerimanya jika diberikan informasi penting yang dibuat dengan cara diolah dan diberi petunjuk dengan berbagai cara baik itu dari simbol, teks, gambar, suara atau yang lainnya.