Pengertian Administrasi Negara Oleh Ahli

637 views

Pengertian administrasi negara – Dalam suatu negara tentunya sangat membutuhkan yang namanya administrasi negara. Dimana hal tersebut merupakan kegiatan pemerintah yang dilakukan untuk mencapai tujuan negara. Kata administrasi sendiri berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua kata yaitu ada yang memiliki arti sebagai intensif. Sedangkan ministrate merupakan arti dari kata melayani. Dengan demikian makna administrasi adalah melayani dengan intensif atau secara maksimal. Sehingga dikatakan bahwa negara merupakan wilayah yang memiliki kekuasaan yang diatur oleh pemerintah, yang mana mendiami wilayah tersebut. Disamping hal tersebut juga terdapat sistem dan aturan yang juga berlaku bagi setiap masyarakat dan perorangan. Nah setelah mendefinisikan administrasi negara secara etimologis. Berikut ini pengertian administrasi negara oleh para ahli.

pengertian administrasi negara

Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Salah satu pengertian administrasi negara didefinisikan oleh M/E Dimock yang artinya adalah suatu bagian dari administrasi umum yang mempunyai lapangan yang lebih luas, yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana lembaga-lembaga mulai dari suatu keluarga hingga perserikatan bangsa-bangsa disusun, digerakkan dan dikemudikan.

Selanjutnya pendapat administrasi negara menurut W. H Evans yang memiliki arti, administrasi negara merupakan fungsi yang berkaitan antara manajemen dan pengarahan segala tahap operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi bagian-bagian suatu negara. Selain itu menurut Ulbert juga menyatakan administrasi ini merupakan istilah lain dari tata usaha dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis baik internal atau eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam memperoleh data baik sebagian maupun secara menyeluruh.

Sedangkan George Terry memiliki pendapat tersendiri tentang pengertian administrasi negara. Administrasi negara merupakan suatu proses perencanaan pengendalian pengelompokkan dan pergerakan kepada orang-orang yang melaksanakan untuk mencapai tujuan negara. Berbeda dengan William Leffingwell dan Edwin Robinson yang menyatakan bahwa administrasi merupakan bagian dari salah satu cabang ilmu manajemen yang diterapkan dalam pelaksanaan pekerjaan negara secara efisien, dan memiliki aturan tersendiri dalam pelaksanaannya.

Di sisi lain Dwight Waldo juga menyatakan bahwa bagian administrasi negara dapat diklasifikasikan ke dalam dua pengertian. Salah satunya adalah suatu organisasi dan manajemen dari manusia dan benda yang berguna mencapai tujuan-tujuan pemerintah. Pengertian lainnya oleh Dwight Waldo ini juga diartikan sebagai salah satu seni tentang manajemen yang dipergunakan untuk mengatur urusan-urusan negara. Tidak hanya itu John M. Pfiffer dan Robert V. juga turut andil memaknai administrasi negara yang memiliki arti suatu proses yang memiliki sangkut paut dengan pelaksanaan kebijakan pemerintah yang mengarah kecakapan dan teknik-teknik yang tidak terhingga jumlahnya. Selain itu juga memberikan arah dan maksud terhadap usaha sejumlah orang.