Memahami Lebih Pengertian Hukum Formal

2640 views

Negara yang menjunjung tinggi hukum akan menggiring Anda secara terpaksa maupun tidak untuk menantinya, untuk itu Anda juga harus memahami bagaimana hukum itu sebenarnya melalui pengertian hukum formal. Dengan banyaknya hukum yang berlaku bukan menjadi penghalang hidup Anda, melainkan akan banyak bermanfaat untuk kelangsungan hidup Anda khususnya. Tak ada manusia yang mampu hidup jika tidak ada pemberlakuan hukum, karena seperti binatang satu sama lain manusia akan menerkam si lemah dan memenangkan si kuat, dengan begitu tidak ada mulianya manusia dibanding binatang.

pengertian hukum formal

Setelah mengetahui manfaat hukum, tentu Anda perlu lebih lanjut memahami sebuah hukum agar tidak hanya menjadi korban dari hukum tersebut. Banyak hukum yang berlaku di Indonesia, Anda juga perlu memahaminya serta mematuhinya agar Anda tidak dzalim karena menyetujui berlakunya hukum tetapi melanggarnya demi kepentingan pribadi. Pengertian hukum formal yaitu sebuah hukum yang di mana mengatur bagaimana sebuah hukum itu dijalankan sebagai proses pemberlakuan aturan-aturan yang berlaku pada hukum materil. Tak ayal bahwa hukum formal bisa dikatakan sebagai pelaksanaan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh hukum materil agar dapat mengungkap permasalahan-permasalahan pelanggaran hukum.

Pengertian Sumber-sumber Hukum Formal

Dengan memahami penjelasan sebelumnya, maka Anda sekarang juga harus memahami sumber apa saja yang digunakan dalam hukum formal. Jenis hukum formal yang pertama yaitu undang-undang, yaitu sebuah aturan dan dasar pemerintahan sebuah negara yang disepakati dan ditaati oleh seluruh individu dalam negara tersebut. Memberlakukan hukum formal atas sebuah kasus juga harus disandarkan kepada undang-undang yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum maupun kenegaraan. Kedua, kebiasaan yaitu sebuah keadaan di mana setiap orang memiliki batasan-batasan tertentu yang hak tersebut otomatis tertanam dalam diri karena faktor kebiasaan, dan hal ini bisa menjadi dasar hukum dalam masyarakat.

Untuk jenis ketiga, yurisprudensi yakni sebuah keputusan yang ditetapkan oleh hakim terdahulu yang kemudian digunakan sebagai dasar keputusan hakim-hakim selanjutnya sebagai bagian untuk memecahkan dan memutuskan masalah yang ada. Keempat, traktat yaitu sebuah perjanjian internasional yang mana melibatkan negara lain baik satu negara maupun lebih yang kemudian wajib disepakati dan ditaati oleh negara yang bersangkutan. Kelima, doktrin sebuah keadaan yang memaksakan pemikiran sekelompok orang kepada banyak orang dari kelompok lain yang hal ini berasal dari para sarjana hukum yang mana ilmu yang dimilikinya dapat membantu hakim menentukan keputusan dalam peradilan.

Banyaknya pengetahuan hukum ini akan membuat Anda lebih bisa menentukan kadar pantas tidaknya jika melakukan perbuatan. Cara hidup yang akan lebih terarah serta teratur membuat Anda damai hidup dalam masyarakat dibandingkan jika Anda tidak menaati suatu hukum apapun. Pemahaman mengenai pengertian hukum formal membantu Anda menghargai keputusan sebuah hukum yang pasti mempunyai banyak manfaat untuk Anda.