Definisi Hukum Menurut Para Ahli Luar Negeri

2164 views

Definisi Hukum Menurut Para Ahli Luar Negeri dan Dalam Negeri

Membahas mengenai definisi hukum menurut para ahli luar negeri dan juga dalam negeri tentu saja sangatlah banyak dan panjang. Sekarang ini sudah banyak sekali pakar hukum yang sangat mumpuni untuk mendefinisikan sebuah arti hukum. Dengan adanya definisi hukum dari pakar ini tentu saja akan menambah wawasan Anda mengenai arti atau makna hukum yang sesungguhnya. Mengetahui makna hukum memang harus diketahui apalagi negara kita Indonesia ini adalah negara hukum.

definisi hukum menurut para ahli luar negeri

Pengertian hukum menurut para ahli luar negeri yang pertama dikemukakan oleh Plato yang merupakan filsuf terkenal di dunia. Plato mendefinisikan hukum sebagai peraturan yang tersusun dan teratur dengan baik dan mengikat masyarakat secara keseluruhan. Sedangkan definisi hukum menurut para ahli luar negeri menurut Tullius Cicerco yang merupakan ahli hukum romawi, menyatakan bahwa hukum merupakan akal yang paling tinggi yang ada di alam dalam diri manusia untuk menetapkan apa saja yang tidak boleh dan boleh dilakukan. Tidak hanya pakar hukum luar negeri saja, pakar hukum dalam negeri SM. Amin, SH mengatakan bahwa hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi hukum.

Dari sekian banyak definisi hukum menurut para ahli luar negeri dan juga dalam negeri dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum pada hakikatnya adalah kumpulan peraturan yang mengatur tentang kehidupan dalam bermasyarakat. Dibuat oleh sebuah lembaga yang mempunyai wewenang dan sifatnya memaksa serta isinya berupa perintah dan juga larangan, jika perintah dan larangan ini dilanggar maka akan terkena sanksi yang sudah ditetapkan. Pada intinya hukum itu adalah aturan yang disepakati dan harus ditaati.