Contoh Teks Anekdot Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Lucu

Sebelum membahas hal ini ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai teks anekdot dimana teks ini sering kali di artikan dengan guyonan atau kelakar yang mengandung unsur menyindir dan memiliki cerita singkat. Dan ada juga yang mengartikan teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang bersifat lucu namun memiliki maksud mengkritik dengan memiliki struktur abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda dan reorientasi yang memiliki ciri-ciri lebih dekat dengan perumpamaan dongeng, membahas mengenai seseorang, tempat dan lainnya, serta memiliki tujuan tertentu yaitu untuk menghibur, menyadarkan dan membangkitkan tawa. Teks anekdot biasanya memiliki tema bermacam-macam mulai dari layanan publik,sekolah, masyarakat, hingga lainnya. Dengan contoh teks anekdot pendidikan beserta strukturnya ini semoga Anda dapat memahami apa yang dimaksud teks anekdot.

contoh teks anekdot pendidikan

Dimana pendidikan sekarang ini menjadi perhatian bagi masyarakat, orang tua, hingga orang-orang yang berkepentingan pada bidang pendidikan dan tidak luput juga orang-orang tersebut membuat luconan dari teks anekdot untuk bidang pendidikan. Adapun contoh teks anekdot pendidikan lucu yang sering digunakan dan dibicarakan saat ini yaitu :

KUHP

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi mata kuliah hukum pidana, saat tiba sesi tanya jawab si Ali bertanya kepada dosen tersebut, apa kepanjangan dari KUHP pak? lalu dosen tersebut tidak menjawabnya dan melemparkannya kepada Ahmad, saudara Ahmad coba saya dibantu untuk menjawab pertanyaan dari saudara Ali, pinta pak dosen. Lalu dengan tegas si Ahmad menjawab, kasih uang habis perkara pak, tegasnya. Mahasiswa yang lain dan Ali pun tertawa mendengarnya. Kemudian dosen tersebut balik bertanya , saudara Ahmad, darimana Anda tahu jawaban tersebut. Si Ahmad pun kembali menjawab dengan tegas tanpa ada rasa takut dengan jawaban, pengalaman adalah guru yang terbaik pak. Kemudian pak dosen hanya bisa menggelengkan kepala dan langsung mengalihkannya dengan pertanyaan lain.

Dari teks anekdot di atas dapat kita ketahui bahwa si Ahmad merasa kesal dengan pendidikan sekarang ini, dimana jika kita ada uang, nilai dan hal lainya bisa dibeli dengan menyindir seorang dosen.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Menolong

Selain teks anekdot pendidikan lucu yang saya jelaskan tadi, ada juga teks anekdot pendidikan yang bertujuan menolong dimana teks anekdot ini berisikan cerita mengenai pendidikan dengan makna atau sindiran menolong. Adapun contoh teks anekdot ini yaitu sebgai berikut.

Salah Siapa

Pagi sekali aku sudah datang di sekolah dan sesampai di kelas gembok masih mengunci pintu kelas dan akhirnya aku duduk di gazebo yang ada di depan kelas.

Dan kulihat di sekelilingku ternyata juga sama, banyak sekali anak yang sudah datang pagi untuk belajar ternyata harus menjadi anjing penjaga di depan kelas. Yah, banyak dari mereka hanya duduk sambil melamun.

Ya Allah kalau begini jadinya salah siapa? niat hati takut masih di kunci, jadinya datang telat, eh sudah diperkirakan belum bel, tapi tetap saja harus di stop petugas palang pintu dan disuruhnya belok kanan. Jadi pagi-pagi harus kerja bakti mencuci mukenah shalat Dhuha dan mengaji tujuannya supaya yang telat dibukakan matanya.

Esoknya aku datang pagi sambil tersenyum dengan detergen di tanganku tujuannya unuk berjaga-jaga kalau kalau ada semua warga sekolahku telat jadi tidak perlu susah-susah cari detergen. Akhir-akhir ini aku jadi berangkat pagi agar detergen yang kubawa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Itulah beberapa contoh teks anekdot pendidikan dari yang lucu hingga menolong semoga teks anekdot ini dapat bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi Anda untuk memahami lebih dalam lagi mengenai teks anekdot struktur dan lainnya.