Contoh Teks Anekdot Layanan Publik Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ankdot Layanan Publik di Bidang Lingkungan

Tentunya Anda sudah tahu akan humoris dari teks anekdot yang bersifat lucu dan memiliki maksud untuk mengkritik dan biasanya yang sering dikritik dari teks anekdot merupakan layanan publik dalam bidang hukum, lingkungan politik dan lainya yang berkaitan dengan layanan publik dengan memiliki ciri-ciri lebih dekat dengan perumpamaan tentang dongeng, yang memilik sifat humor serta membahas mengenai oran-orang penting dan lainya yang memiliki tujuan tertentu, dengan tujuan untuk membuat orang lain terhibur dan serta membangkitkan tawa dengan karakter yang ringan dan singkat. Contoh teks anekdot layanan publik beserta strukturnya sama saja dengan teks anekdo lainnya hanya saja teks anekdot layanan publik ini biasanya mengkritik mengenai seseorang ataupun layanan publik lainnya.

contoh teks anekdot layanan publik

Misalnya contoh teks anekdot layananan publik satu ini yang bertemakan bidang lingkungan. Tentunya teks anekdot yang dibawakan mengenai layanan publik yang berada di bidang lingkungan dengan contoh sebagai berikut:

Membuang Sampah

Suatu hari si Bedu membuang sampah di suatu tempat di pinggir jalan dan kemudian Bedu diteriaki petugas yang lewat.

Petugas                : hei anak muda kenapa kamu buang sampah di situ?

Bedu     : maaf pak, ada yang salah?

Petugas                : ia kamu salah telah membuang sampah di bukan tempatnya dan di pinggir jalan umum.

Bedu     : maaf sebelumnya pak, bukannya saya mau mengajari bapak, coba bapak lihat dulu tempat tersebut kotor dan banyak sampah di mana-mana layaknya tempat sampah jadi saya buang di sana pak.

Petugas                : tapi itu kan bukan tempat sampah.

Bedu     : kalau itu bukan tempat sampah mengapa tempat tersebut kotor seperti tempat sampah.

Petugas hanya bisa diam dan meninggalkan bedu sembari menggerutu.

Itulah salah satu teks anekdot layanan publik yang bertemakan bidang lingkungan dengan strukturnya. Jika kita pahami si bedu sengaja membuang sampah di tempat tersebut karena tempat tersebut kotor dan kumuh layaknya tempat sampah dan sang petugas hanya bisa melarang tanpa membersihkannya.

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik di Bidang Politik

Selain contoh teks anekdot layanan publik tadi ada juga contoh teks anekdot yang bertemakan di bidang politik yang sering kita dengar. Orang yang menggunakan teks anekdot dengan bertemakan bidang politik untuk menyindir seseorang maupun jabatan dengan tujuan agar orang tersebut menyadarinya dan membuat orang yang mendengarnya tertawa dan terhibur termasuk orang yang menjadi karakter pada teks tersebut.

Adapun contoh dari teks anekdot di bidang politik tersebut yang sering kita dengarkan dan kita jumpai yaitu sebagai berikut.

Baju Termahal KPK

Abstraksi

Dua orang calon angota dewan yang ternama sedang asik mengobrol di salah satu kafe, sebut saja namanya Susilo dan Bambang.

Orientasi

Setelah memesan makanan dan minuman mereka berdua pun terlibat percakapan yang seru.

Krisis

Susilo                    : Bang, banyak politisi di negeri kita ini sudah kaya ya dan banyak uangnya

Bambang             : kalau masalah itu sih saya sudah tahu sejak dulu

Susilo                    : saking kaya dan banyak uangnya mereka sudah memiliki baju termahal di negeri ini

Bambang             : maksud kamu baju termahal itu apa?

Susilo                    : ya apalagi kalau bukan baju tahanan KPK

Bambang             : kenapa dengan baju tahanan KPK

Susilo                    : coba kamu bayangkan seorang politisi minimal mencuri uang negara lebih dari 1 milyar terlebih dulu baru bisa memakai baju tersebut

Bambang             : tertawa, oh maksud kamu gitu baru ngerti aku

Makanan dan minuman pun datang mereka menyatapnya sembari mengingat teman mereka yang sudah memakai baju termahal tersebut.

Itulah beberapa dari teks anekdot mengenai layanan publik beserta strukturnya yang dapat menjadi contoh bagi anda dan lainnya.